Kisah unik di balik perusahaan IT dunia

Kisah unik di balik perusahaan IT dunia

Mau tahu bagaimana sejarahnya mengapa Bill Gates pilih nama Microsoft atau Larry Page dengan Google-nya?
Di bawah ini artikel komplitnya...
“Apalah makna suatu nama? Bukanlah kah mawar bakal terus harum walau kita sebut dengan nama lain! “, Shakespeare

Mungkin saja untuk Shakespeare nama hanya sebatas nama. Namun bila kita saksikan bagaimanakah perusahaan-perusahaan besar IT temukan nama mereka semasing, kita bakal merasakan kisah-kisah unik dibalik beberapa nama besar mereka. Sebagian ada yang konyol serta kehabisan seperti kehabisan inspirasi. Namun menurut saya mereka belum pasti dapat ‘harum’ dengan nama yg lain. Nama yaitu jati diri diri yang dapat jadi harum lantaran cerita yang ditinggalkannya.
Adobe - Datang dari “Adobe Creek”, yakni nama sungai di belakang rumah pendirinya John Warnock.
Apache - Nama ini berasal waktu penemunya mengaplikasikan patch ke kode program yang ditulis untuk http daemon NCSA. Akhirnya yaitu “A PAtCHy” server, yang setelah itu jadi apache server.
Apple Computers - Sepanjang 3 bln. Steve Jobs belum berikan nama untuk perusahaan barunya lantaran dia belum memperoleh nama yang pas. Jadi satu hari dia meneror staff nya, bila hingga jam 5 belum ada yang mengusulkan nama yang pas, jadi dia bakal berikan nama terserah dia. Waktu jam 5 tiba, tak ada staff yang mengusulkan nama perusahaan serta Steve waktu itu tengah makan apel. Jadilah perusahaan itu diberi nama Apple Computer.
C - Dennis Ritchie meningkatkan bhs pemrograman B serta dinamakan ‘NewB’. Dia lalu ganti namanya jadi ‘C’. Bhs B sendiri di buat oleh Ken Thompson juga sebagai revisi dari bhs pemrograman Bon.
C++ - Bjarne Stroustrup menyebutkan bhs barunya ‘C with Classes’ serta lalu ‘newC’. Lantaran kelahiran bhs baru ini, bhs C yang pertama lalu dinamakan ‘old C’. Yaitu Rick Mascitti yang mengusulkan untuk ganti namanya jadi C++ juga sebagai penerus bhs C.
Corel - Datang dari nama penemunya Dr. Michael Cowpland. Corel singkatan dari COwpland REsearch Laboratory.
CISCO - Kata ini tak memiliki singkatan seperti yang disebutkan umumnya orang. Jadi kata ini yaitu kependekan dari ‘San Francisco’.
Google - Kata ini berawal dari lelucon perihal banyak info yang dapat di cari oleh search engine. Arti yang disebut yaitu ‘Googola’, yang bermakna bilangan 1 diikuti oleh 100 angka 0. Penemu yang juga mahasiswa Stanford, Sergey Brin serta Larry Page waktu itu tengah memberi presentasi proyek ini ke investor, mereka lalu sukses memperoleh dana berbentuk check yang ditujukan pada ‘Google’.
GNU - Yaitu nama species antelope Afrika. Pendiri GNU project Richard Stallman suka pada nama ini lantaran pengucapannya. Juga lantaran nama pas untuk singkatan rekursif ‘GNU’s Not Unix’.
Hotmail - Jack Smith memperoleh inspirasi supaya orang2 dapat terhubung e-mail lewat situs dari computer mana juga didunia. Lalu Sabeer Bhatia bikin business plan untuk mail service. Dia coba berikan nama dengan akhiran ‘mail’ di belakangnya. Pada akhirnya didapatlah nama hotmail yang idenya datang dari bhs pemrograman situs ‘HTML’ (HoTMaiL).
Hewlett-Packard (HP) - Bill Hewlett serta Dave Packard melempar koin untuk mengundi nama perusahaan mereka apakah Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett,
serta lantaran pemenangnya Dave jadi dipilihlah nama Hewlett-Packard.
Intel - Bob Noyce serta Gordon Moore mau memakai nama mereka untuk perusahaan barunya, “Moore Noyce”. Namun sayangnya nama ini telah jadi trademark suatu hotel, jadi mereka memakai singkatan INTegrated ELectronics = INTEL juga sebagai nama perusahaan mereka.
Java - Awalannya dimaksud Oak oleh pembuatnya James Gosling, yang datang dari pohon oak yang tumbuh diluar jendelanya. Namun lalu tim pengembangnya mengusulkan sebagian nama yang belum pernah dipakai dalam bhs pemrograman. Java diambil lantaran datang dari nama kopi yang banyak diminum oleh programmer. Coffee
Linux - Awal mulanya Linus Torvalds memakai Minix OS untuk komputernya serta lalu dia meningkatkan OS nya sendiri. Setelah itu hasil karyanya ini diberi nama Linux (Linus’ Minix). Awal mulanya nama ini dia anggap terlampau egois serta dia merencanakan ganti nama OS nya dengan nama Freax (free+ freak + x). Namun rekannya Ari Lemmke menyarankan supaya Linus mengupload OS ini ke jaringan hingga gampang di unduh. Ari berikan Linus direktori yang bernama linux di FTP server lantaran dia tak suka pada nama Freax.
LG - Gabungan dari dua nama merk popular di Korea, Lucky serta Goldstar.
Microsoft - Awalannya Bill Gates berikan nama perusahaannya dengan nama MICROcomputer SOFTware. Lalu nama ini disingkat jadi Micro-Soft serta setelah itu sinyal ‘-’ dihapus dari penulisannya.
Motorola - Paul Galvin berikan nama perusahannya dari nama perusahaan radio mobil yang populer waktu itu Victrola.
Mozilla - Marc Andreesen yang juga pendiri Netscape bikin browser baru untuk menukar browser ciptaannya, Mosaic. Browser ini dinamakan Mozilla (Mozaic-Killer, Godzilla).
ORACLE - Larry Ellison serta Bob Oats waktu itu bekerja juga sebagai konsultak untuk proyek CIA (Central Intelligence Agency). Code name untuk proyek itu yaitu Oracle. Singkatan dari : One Real A****** Called Larry Ellison??
Red Hat - Penemu perusahaan ini, Marc Ewing di beri topi tim lacrosse Cornell (stripping merah serta putih) di universitas oleh kakeknya. Dia kehilangan topi ini serta selalu mencarinya hingga putus harapan. Di buku manual linux Red Hat yang pertama kali (beta version) diisi seruan untuk kembalikan ‘topi merah’ Marc untuk siapapun yang menemukannya.
SAP - Systems, Applications, Products in Data Processing, didirikan oleh 4 orang eks pegawai IBM yang dahulu bekerja di divisi Systems/Applications/Projects.
SCO (UNIX) - Datang dari kata ‘Santa Cruz Operation’. Suatu perusahaan yang berlokasi di Santa Cruz.
Sony - Datang dari bhs latin ’sonus’ yang bermakna nada serta ’sonny’ yaitu bhs slang Amerika untuk menyebutkan pemuda cerdas.
SUN - Diketemukan oleh 4 orang mahasiswa Stanford University. SUN sendiri yaitu singkatan dari Stanford University Network.
UNIX - Waktu itu Bell Labs menarik system operasi MULTICS (MULTiplexed Information and Computing Sistem), yang disebut proyek paduan Bell/GE/MIT. Lalu Ken Thompson serta Dennis Ritchie dari Bell Labs menulis versus simpel dari OS itu. OS ini diperlukan untuk menggerakkan game Space War yang dikompilasi under MULTICS. Setelah itu oleh Brian Kernighan system ini dimaksud UNICS - UNIplexed operating and Computing Sistem. Lalu popular jadi UNIX.
Yahoo! - Kata ini pertama kali diketemukan oleh Jonathan Swift serta dipakai dalam bukunya yang berjudul “Gulliver’s Travels”. Ini berarti orang yang berpenampilan menjijikkan serta melakukan tindakan tak seperti manusia. Pendiri Yahoo!, Jerry Yang serta David Filo pilih nama ini lantaran terasa diri mereka yaitu kelompok yahoos.

wdcfawqafwef