Asal muasal kata-kata gaul bagian 2

Asal muasal kata-kata gaul bagian 2



LOL
Kata ini akhir-akhir ini kerap digunakan, terlebih dalam komunikasi chatting, baik di YM, FB, Twitter, maupun komune yang lain. Kata itu adalah singkatan dari Laugh Out Loud yang bermakna “Tertawa Terbahak-bahak”.

CENGLI
Adalah kata dari bhs Hokkian yang bermakna “Bertindak Adil”.

WIL serta PIL
Adalah singkatan dari Wanita Dambaan Lain serta Pria Dambaan Lain. Tak terang siapa yang mempopulerkan arti ini, tetapi saya temukan kalimat ini kerap dipakai dalam penulisan di majalah-majalah di masa awal 2000an. Ke-2 kata itu umum dipakai untuk menuturkan wanita atau pria simpanan/selingkuhan.

AJIB
Berarti Enak, Asik, atau Klabing. Kata ini mulai popular di th. 90an ketika musik trance serta narkoba type shabu-shabu baru mulai popular. Kata ini umumnya dipakai oleh beberapa penikmat ke-2 hal semacam itu.

ANJELO
Adalah singkatan dari Antar Jemput Lonte. Dari info yang didapat, kata ini pertama kali dipakai seputar th. 2000an di daerah seputar Bogor untuk menyebutkan Tukang Ojek sebagai berlangganan beberapa penjual cinta disana.

JABLAY
Kata ini dipopulerkan oleh Titi Kamal waktu menyanyikan lagu berjudul sama dalam film Mendadak Dangdut (2006). Adalah singkatan Tidak sering Dibelai yang memiliki kandungan makna lebih jauh juga sebagai ungkapan hati seseorang wanita yang tidak sering memperoleh belaian kasih sayang kekasihnya.

BELAH DUREN
Datang dari arti yang dipakai dalam lagu dangdut berjudul sama yang dinyanyikan oleh Julia Perez, kata “Belah Duren” adalah arti yang ditujukan buat beberapa pengantin muda yang nikmati malam pertama.

SECARA
Kata ini sesungguhnya yaitu bhs Indonesia, yang berarti “Adalah”. Tetapi kata ini jadi popular di th. 2006an di kelompok siswa-siswi SMU yang memakai kata ini juga sebagai kata ubah “Karena/Soalnya”. Sesekali juga dipakai juga sebagai sisipan tanpa ada arti (cuma untuk penekanan pada kalimat yang mereka katakan). Misal penggunaannya :
a. Gua tidak dapat ke rumah lo neh hari ini, dengan cara bokap gue lagi sakit.
b. Ya… bagaimana dong? Dengan cara gue ini kan gaul…

SEGEDE GAMBRENG
Kata “gambreng” datang dari suitan anak-anak (hompimpah alaihum gambreng), yang tunjukkan siapa yang menang dalam suitan itu. Terakhir, seputar th. 2007an, kata ini dipakai untuk tunjukkan suatu hal yang besar sekali (serta susah disibakkan dengan kalimat).

SEGEDE GOBLOK
Serupa dengan ungkapan “Segede Gambreng”, kata “Segede Goblok” tunjukkan suatu hal yang besarnya mengagumkan, serta sakin besarnya, jadi gak masuk akal. Tidak terang siapa yang mempopulerkan kata ini, namun disangka kata ini pernah disampaikan oleh sebagian MC di tv (tak tahu Indra Bekti, Iva Gunawan, atau Ruben Onsu).

JUTEK
Datang dari kata yang kerap dipakai oleh beberapa PSK dimuka th. 2000an untuk melukiskan pria yang sombong serta tidak sering tersenyum. Kata ini pada akhirnya jadi kata umum yang dipakai untuk menggambarkan orang yang menjengkelkan, judes, galak, emosian, serta sombong.

BT/BETE
Adalah singkatan dari Boring Keseluruhan. Semula orang mengira kata ini dipopulerkan oleh Dwiq waktu melaunching lagu “Bete” seputar th. 2008. Walau sebenarnya kata ini telah lama dipakai oleh beberapa mahasiswa yang jemu dengan program perkuliahan mereka. Kata ini mulai popular serta dipakai dimuka th. 2000an.

KAMSUD
Adalah pembalikan konsonan kata “Maksud”. Kata ini mulai popular, terlebih di kelompok beberapa cewek di ruangan chatting dunia maya.

KATROK
Orang kampung/orang desa. Kata ini dipopulerkan oleh Tukul Arwana waktu membawakan acara Empat Mata seputar th. 2007an (saat ini beralih jadi acara Bukanlah Empat Mata). Kata ini lalu jadi bhs umum untuk melukiskan orang yang kampungan/norak banget.

PRIKITIU
Yaitu celutukan yang ditujukan pada pasangan yang tertangkap basah lakukan perselingkuhan. Yaitu Sule, seseorang komedian lokal, yang melemparkan celutukan nakal yang saat ini jadi bhs pergaulan itu.

CUMI
Adalah singkatan yang memiliki kandungan banyak makna (bergantung CUMI yang digunakan yaitu singkatan dari apa). Awalannya kata ini dipopulerkan oleh suatu product kartu ponsel di th. 2008an, yang pada akhirnya berkembang jadi bhs gaul anak-anak remaja untuk menuturkan kondisinya sekarang ini, seperti CUma MIkir, CUma MIScal, CUma MIrip, CUma MInjam, CUkup MIris, dan sebagainya.

KRIK
Dengan latar belakang nada jengkrik, mana saat seorang bercanda tetapi tak lucu. Penggunaannya cukup simpel, yakni waktu menyikapi komentar/perkataan seorang, penulis tinggal menulis kata “Krik” berkali-kali, mengisyaratkan bahwa penulis berasumsi perkataan orang itu tidak lucu banget.

GAYUS
Adalah sebutan sindiran untuk orang yang hilang ingatan duit serta berupaya memperoleh duit dengan beragam cara yg tidak halal. Ungkapan ini popular dimuka th. 2010 sesudah seseorang petinggi pajak negara bernama Gayus diciduk polisi karena ketahuan menilap duit negara sebesar Rp 67 milyar.

MOGE
Awalannya kata ini adalah singkatan dari Motor Gede serta dipopulerkan oleh grup penyuka motor gede th. 2008 silam. Tetapi terakhir, kata itu diplesetkan beberapa orang jadi Motor Gelo yang ditujukan pada orang-orag norak yang sukai buat rusuh, ingin menang sendiri, serta buat muak beberapa orang.

BONEK
Singkatan dari kata Bondo Nekat yang bermakna orang nekat yang tidak bermodal apa pun terkecuali tekad. Kata ini dipopulerkan oleh supporter Tim Sepakbola Persebaya Surabaya di th. 90an serta jadi sebutan “kebanggaan” mereka. Sekarang ini, kata ini dapat dipakai untuk beberapa orang nekat yang tidak kenal rasa takut.

GUE
Yaitu bhs “resmi” yang saat ini banyak dipakai oleh umumnya orang (terlebih orang dari Suku Betawi) untuk menyebutkan “Saya/Aku”. Kata ini adalah bhs Betawi yang sudah dipakai dengan cara luas, jauh saat sebelum bhs prokem di kenal orang.

LO/LU
Sama dengan “Gue” kata ini juga telah dipakai digunakan oleh Suku Betawi mulai sejak bertahun-tahun lantas serta jadi kata untuk menyebutkan “Anda/Kamu”.

wdcfawqafwef