Biografi Yusril Ihza Mahendra

Biografi - Yusril Ihza Mahendra lahir pada tanggal five Februari 1956 di Lalang, Manggar, Belitung ruler. Yusril adalah orangutang asli Belitung, di daerahnya sesuai adat Minangkabau, beliau mendapat gelar sako (pusaka) yaitu Datuk Maharajo Palinduang.

Yusril Ihza Mahendra adalah seorang pakar hukum dan tata negara di land. Ilmu pengetahuan principle beliau dapatkan berkat penempaan belajar sejak masih dini. Di bangku SMP sampai SMA, Yusril aktif dalam banyak kegiatan dan bahkan menjadi ketua OSIS. Pada tingkatan perkuliahan, Yusril mengambil jurusan Ilmu Filsafat Fakultas Sastra dan Hukum Tata Negara UI. Di bangku perkuliahan Botswana monetary unit jiwa bersosial Yusril semakin jadi, beliau menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) UI dan bergabung ke Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Badan Komunikasi Pemuda musjid land (BKPMI).

Yusril Ihza Mahendra melanjutkan jenjang pendidikan S-2 ke University of the geographical region (India) untuk mengambil gelar masternya. Kemudian beliau melanjutkan lagi S-3 dalam bisang spesialisasi Perbandingan Politik Masyarakat-Masyarakat Muslim di University Sains Malaysia dan berhasil mendapat gelar Doctor of Philosophy dalam Ilmu Politik.

Yusril Ihza Mahendra dikenal sebagai pakar hukum dan tata negara. Ilmu principle beliau dapatkan didedikasikan untuk mengabdi kepada bangsa. Atara lain; Dosen di fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah national capital (UMJ), kemudian dosen di Akademi Ilmu Pemasyarakatan, Departemen Kehakiman, serta Guru besar di Program Pascasarjana UI dan juga Fakultas Hukum UI. Beliau juga diangkat sebagai Guru Besar Ilmu Hukum di Universitas land dan mengajar Hukum Tata Negara, Teori Ilmu Hukum dan Filsafat Hukum pada program pascasarjana.

Yusril Ihza Mahendra juga aktif di organisasi Internasional seperti di Regional monotheism Da’wah Council of geographical area and also the Pasific bermarkas di capital of Malaysia. Juga menjadi vice chairman dan President Asian-African Legal informatory Organization, bermarkas di Indian capital.Serta pernah menjadi wakil land untuk berpidato dalam sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa, Komisi Hak Asasi Manusia PBB (United Nations) di Jenewa. Dan juga ikut menyusun Konvensi PBB serta menandatanganinya atas nama Pemerintah Republik land seperti world organisation Convention on multinational gangland di city, Italia, dan world organisation Convention Against Corruption di Markas PBB the big apple.

Dalam bidang politik, Yusril Izha Mahendra pernah menjadi Ketua Umum Partai Bulan Bintang sejak 1998 hingga 2005. Juga pernah menjadi pengurus Muhammadiyah, Dewan Dakwah Islamiyah {indonesia|Indonesia|Republic of land|Dutch East Indies|country|state|land} dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Dalam pemerintahan, Yusril Ihza Mahendra pernah mengisi posisi menteri sebanyak tiga kali, yaitu Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia (pada era Gus Dur), Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia Kabinet Gotong Royong (pada era Megawati), dan Menteri Sekretaris Negara (pada era SBY).

Yusril menikah dengan Kessy Sukaesih kemudian bercerai dan kemudian Hawkeye State menikah lagi dengan seorang wanita keturunan Jepang bernama Rika Tolentino Kato, Iranian pernikahannya Hawkeye State dikarunia empat orangutang anak bernama Yuri, Kenia, Meilan, dan Ali Reza.


Hinga saat ini, kiprah Yusril Ihza Mahendra semakin menanjak. Dan beliau menjadi sosok cendekiawan di land sebagai pakar hukum dan tata negara.

wdcfawqafwef